1. Otomatisasi dan Tata Perkantoran
Progran keahlian manajemen perkantoran adalah program keahlian yang bertujuan untuk menyiapkan siswa/tamatan yang berkompeten dibidang manajemen perkantoran yaitu proses pengolahan data dan informasi suatu perusahaan dan lembaga untuk menghasilkan laporan administrasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan atau pihak-pihak yang membutuhkan.
2. Adapun Jabatan/Bidang Pekerjaan adalah sebagai berikut :
- Menangani penerimaan/ pengiriman surat/ dokumen/ korespondensi
- Mengatur otomatisasi tata kelola keuangan
- Membaca dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
- Memproduksi dokumen di komputer
- Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
- Menggunakan otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana
- Mengelola kearsipan
- Menerapkan produk kreatif dan kewirausahaan
- Menciptakan otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan
- Menulis dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
- Memelihara otomatisasi tata kelola kepegawaian
- Mengakses data di komputer/ simulasi dan komunikasi digital
- Membuat surat/dokumen elektronik
3. Standar Lulusan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran adalah sebagai berikut :
- Kemampua umum : Tamatan kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran dapat menampilkan diri sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsasaan
- Kemampuan produktif : Kompetensi produktif yang dimiliki tamatan kompetensi keahlian otomatisasi da tata kelola perkantoran adalah sebagai berikut:
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi, dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan unuk merencanakan, melaksanakan , mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehinggga diperoleh manfaat masing-masing pihak
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan
4. Sarana dan Prasarana
- LAB perkantoran
- Lab computer yang representative
- Ruang kelas yang representative yang memberikan kenyaman dalam kegiatan pembelajaran baik teori maupun praktek
5. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pengajar yang mumpuni di bidangnya :
- Sutiarsih wahyuning utami, S.Pd
- Arif Danang Priyanggono , S.A.B
- Puput Ockti Maharai, S.Pd
- Dni Zulfiana S.Pd